Social Engineering


Apa Itu Social Engineering?

 Social Engineering adalah sebuah teknik pendekatan yang memanfaatkan aspek-aspek sosial di dunia komputer dan internet. Teknik ini biasanya digunakan untuk mendapatkan data-data pribadi seseorang untuk keperluan yang negatif seperti pencurian rekening bank, pencurian password, pencurian akun-akun tertentu atau kejahatan teknologi yang berpotensi lainnya. Semua hal ini dilakukan oleh para hacker dan sejenisnya. Para hacker memanfaatkan kelemahan suatu sistem yaitu manusia, karena tidak ada sitem di dunia ini yang tidak melibatkan interaksi manusia.

Social engineering di Indonesia sudah banyak merebak terutama umumnya para pelaku mengelabui korbannya dengan mengiming-imingi si korban dengan sebuah hadiah menarik berupa uang atau pun barang.Sang korban pun tergiur karena di tengah krisis ekonomi sekarang ini,si korban mudah terpengaruh untuk memperoleh sesuatu secara instan tanpa berpikir realistis.

Social Engineering ini bisa terjadi karena banyak faktor, diantaranya adalah faktor kecerobohan seorang user dalam mengelola passwordnya atau bisa juga seorang hacker berpura-pura menjadi orang yang berkepentingan dalam sebuah sistem dan seolah-olah memerlukan password, akses ke jaringan, peta jaringan, konfigurasi sistem dan semacamnya untuk suatu keperluan tertentu. Masih banyak faktor-faktor lainnnya yang semua itu merupakan diri manusia itu sendiri.


Peranan Social Engineering Dalam Dunia Cyber.


Jika kita tilik mendalam, secara definitif memang belum ada definisi yang dapat menggambarkan eksistensi atau peranan seorang yang ahli social engineering secara utuh. Akan tetapi, jika dilihat dari dinamika dan tingkat penerimaan definisi di kalangan social engineering itu sendiri, orang yang ahli dalam bidang social engineering memiliki kecenderungan bergelut di dunia jaringan, programming dan sistem keamanan informasi.Hanya saja, dalam perjalanan mereka sejauh ini, layaknya manusia yang memiliki kemandirian cara pandang dan tujuan hidup yang berbeda  unik, sebagian mereka ada yang menyalahgunakan kemampuannya untuk hal-hal negatif yang merugikan. Padahal pada dasarnya, mereka memiliki tujuan untuk memperbarui sistem keamanan IT maupun programming  yang lebih baik
Previous
Next Post »

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas). ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment